Langkah-langkah Menulis

Credit: www.raconter.net

Menulis bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat sulit, hal ini juga saya alami bahkan sampai sekarang. Untuk bisa merangkai kata-kata dengan tingkat keterbacaan dan sistematika yang baik memang membutuhkan waktu untuk menjadi mahir. Namun dengan langkah-langkah dibawah ini menulis menjadi termudahkan. Bahkan blogger profesional seperti Skellie Wag dan bahkan Bill Clinton, mantan Presiden Amerika, juga membuat tulisan dengan membuat draftnya terlebih dahulu. Baiklah langsung saja, berikut ini langkah-langkah dalam menulis.

1. Brainstorming/Ideastorming
Tulis 15 samapi 20 ide-ide yang keluar dari pikiran kita. Langkah pertama ini adalah langkah untuk memvisualisasikan gagasan yang dimiliki.

2. Pick a Topik
Dari daftar ide/topik yang telah ditulis pada langkah pertama, kita pilih satu topik yang akan dikembangkan menjadi tulisan/artikel. Pemilihan topik ini bisa berdasarkan keinginan/ketertarikan, ke-aktualan, dan keahlian.

3. Mind Map
Membuat kerangka atau garis besar dengan membuat poin-poin penting dari masing-masing paragraf. Hal ini lebih ditujukan agar artikel yang tercipta lebih sistematis dan memudahkan pembaca dalam memahami tulisan kita.

4. Start Writing
Mulai menulis berdasarkan mind map yang telah dibuat. Dengan adanya mind map, pengembangan pemikiran akan semakin mudah dilakukan.

5. Proofreading and Edit
Baca kembali dan lakukan perbaikan. Hal ini bisa dilakukan berkali-kali, sampai yakin betul semua tertata dengan baik. Banyak orang yang malas melakukan langkah ini, padahal ini sangat penting agar semua terlihat lebih profesional. Jika halaman yang ditulis banyak, akan lebih mudah dicetak terlebih dahulu.

6. Publish
Mempublikasikan tulisan jika memang sudah benar-benar baik.

Saya berharap semoga tulisan ini sedikit membantu para pembaca untuk menulis. Selamat Menulis.

0 comments: