Tips Meminimalisir Kesalahan Grammar Menggunakan MsWord


Setelah tahu sedikit tentang langkah-langkah menulis dan persiapan menulis artikel berbahasa Inggris, kini saatnya memulai menulis. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu grammar dan ejaan. Kesalahan grammar dan ejaan sedikit banyak mengganggu kenyamanan pembaca. Salah satu cara meminimalisir kesalahan kedua hal tersebut adalah dengan memanfaatkan fasilitas Tool pada MsWord. Pada MsWord terdapat fasilitas untuk check grammar dan ejaan, dan juga thesaurus. Fasilitas tersebut sangat membantu saya dalam menulis artikel berbahasa Inggris.

Check Grammar
Fasilitas ini memudahkan kita mengetahui kesalahan grammar pada tulisan kita. Indikasi terjadinya kesalahan adalah dengan adanya garis bawah zig zag berwarna hijau. Jika garis bawah tersebut tidak muncul ada kemngkinan grammar sudah benar atau fasiliatas cek otomatis tidak diaktifkan. Untuk mengaktifkannya klik Tool – Option – Spelling and Grammar – hilangkan tanda cek pada Hide grammatical errors in this document.


Untuk membetulkan kesalahan grammar, cara pertama adalah dengan klik kanan pada kalimat yang bergaris bawah hijau, maka MsWord akan memberikan saran pembetulan. Cara kedua dengan mengeblok keseluruhan artikel, kemudian pilih Tool - Spelling and Grammar. Muncul kotak dialog dengan beberapa pilihan seperti Ignore once (mengabaikan kata satu kali), Ignore All (mengabaikan kata-kata dengan penulisan sama) , Add to dictionary (menambahkan kata pada kamus), Change (mengganti kesalahan dengan saran dari MsWord atau menurut anda sendiri), Change all (mengganti semua kata yang sama) dan Auto correct (MsWord secara otomatis membetulkan kesalahan).

Spelling
Indikasi kesalahan ejaan adalah garis zigzag berwarna merah dibawah kata-kata yang diduga salah eja. Cara pembetulan dengan klik kanan kata tersebut kemudian pilih kata yang sesuai.

Thesaurus
Fasilitas Thesaurus sangat berguna bagi saya yang sangat terbatas dalam hal kosakata. Fasilitas tersebut digunakan untuk mencari sinonim (kata-kata yang mempunyai arti sama), dan antonym (lawan kata). Hal tersebut memudahkan saya memilih kata-kat yang sesuai dengan konteks pembicaraan, tidak menggunakan kata-kata yang hanya itu-itu saja.

Tulisan ini tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar sharing pengalaman. Dengan menlis saya juga belajar untuk lebih baik.

1 comments:

Unknown mengatakan...

Untuk pengguna MS Word
ada buku bagus nich

MENGHILANGKAN SALAH EJAAN BAHASA INDONESIA DENGAN FITUR SPELLING CHECKER MICROSOFT WORD

Anda bisa simak selengkapnya di

http://www.beritanet.com/Literature/Books/spelling-checker-MSWord.html


Miktam Lilo